Get In Touch

Contact Us

(0370) 7848536​           (Office)

+62 878 6417 5660    (Whatsapp)

  • Grey Facebook Icon
  • Grey YouTube Icon
  • Grey Instagram Icon

©Papan Architect 2018 - 2019 | All rights reserved.

 Jasa arsitek, Jasa desain rumah, Jasa arsitek lombok, jasa arsitek mataram, arsitek lombok 

Cari
  • Papan Architect

Kriteria Model – model Jalur Pedestrian yang Ideal

Model – model jalur pedestrian bisa dipertimbangkan untuk menciptakan jalur perjalanan kaki yang tak hanya indah namun juga nyaman bagi para penggunanya.


Permasalahan Perkotaan yang Seringkali Terjadi


source : unsplash

Perkotaan memang menjadi sentral segala aktifitas dimana semua kegiatan pemerintahan sekaligus kesibukan masyarakat ada disana. Namun pastinya perkotaan juga selalu memiliki berbagai macam kendala lain, termasuk dengan jalur pedestrian. Jalur pedestrian atau yang sering disebut dengan trotoar.


Mungkin masih banyak kejadian dimana pemerintah hanya berfokus pada jalan raya saja karena memang kendaraan merupakan mobilitas yang selalu beroperasi setiap hari. Namun hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa pemerintah kurang concern dengan jalur pedestrian. Padahal sebenarnya jalur pedestrian alias trotoar ini perannya sangat penting.


Trotoar bisa membuat tata perkotaan semakin rapi karena jalur tersebut bisa dipergunakan para pejalan kaki. Selain itu dengan semakin banyaknya area pedestrian ini diharapkan akan makin banyak orang yang menyukai jalan kaki sehingga pastinya akan mengurangi tingkat polusi. Tujuannya sangat baik mengingat polusi kendaraan di Indonesia masih tergolong sangat tinggi.


Sehingga pemerintah rasanya memang perlu memberikan perhatian khusus terhadap jalur pedestrian ini. Lebih mengamati tentang seperti apakah model – model jalur pedestrian yang tepat agar nantinya tak hanya menambah nilai keindahan jalanan perkotaan namun juga mampu memberikan kenyamanan bagi para pejalan kaki.


Beberapa Kriteria Jalur Pedestrian yang Ideal


source : unsplash

Membangun trotoar itu sangat penting. Namun juga harus memiliki persiapan dan juga pertimbangan yang matang agar nantinya proses pembangunan tidak sia – sia sehingga dana yang dikeluarkan pun juga akan sesuai dengan apa yang ditargetkan. Karena membangun rumah saja butuh  berbagai persiapan dan cara menentukan biaya bangun rumah agar pendanaan tepat, apalagi dengan trotoar ini yang merupakan fasilitas umum.


Seluruh kota yang ada di Indonesia ini memang sudah pasti memiliki trotoar di sepanjang jalan raya. Namun tahukah anda bahwa ternyata tidak semua trotoar yang ada tersebut memiliki desain yang ideal. Seperti apakah sebenarnya tipe atau kriteria jalur pedestrian yang ideal? Berikut ini adalah beberapa diantaranya.


Ditempatkan Pada Lokasi yang Tepat


source : unsplash

Trotoar harus dibangun pada area yang memang ramai pejalan kaki, misalnya dekat halte, perumahan, sekolah, perkantoran, mall maupun berbagai fasilitas umum lain.


Memiliki Ukuran yang Tepat dan Sesuai

source : unsplash

Lokasi yang dibangun trotoar juga harus bebas hambatan dan tidak ada bangunan apapun yang menghalangi. Ukurannya juga harus sesuai baik dari lebar maupun tingginya. Selain itu strukturnya juga harus pas sehingga tidak membahayakan para penggunanya.


Disertai Dengan Anak Tangga


source : unsplash

Kadangkala trotoar juga bisa dibangun pada area dengan kemiringan tertentu sehingga area seperti ini harus disertai dengan tangga untuk memudahkan para pejalan kaki.


Aman dan Nyaman

source : unsplash

Keamanan harus diutamakan agar tidak membahayakan orang nantinya. Namun kenyamanan juga harus diperhatikan. Misalnya trotoar akan lebih baik jika disertai dengan kursi atau bangku taman, lengkap dengan lampu penerangan maupun tanaman hias dan pepohonan agar membuat siapapun yang lewat merasa nyaman sekaligus mempercantik pemandangan.


Dilengkapi Dengan Penutup Lubang Drainase


source : unsplash

Trotoar seringkali terdapat drainase sehingga perlu adanya penutup lubang drainase untuk mencegah pejalan kaki terperosok.


Model – model jalur pedestrian di atas bisa diterapkan agar mampu menciptakan trotoar yang aman, nyaman dan juga indah.